Perbedaan Mendasar Antara Penerjemahan Otomatis dan Penerjemahan Manual

Penerjemahan dapat didefinisikan sebagai tindakan menafsirkan makna suatu konten dan mereproduksi konten yang sepadan sebagai akibatnya. Konten atau teks yang harus diterjemahkan disebut sebagai “Teks Sumber” dan bahasa dimana teks sumber tersebut akan diterjemahkan disebut sebagai “Teks Sasaran”, Dalam bahasa sederhananya, penerjemahan digambarkan sebagai komunikasi tertulis dalam bahasa kedua yang memiliki arti serupa sebagaimana tertulis dalam bahasa pertama.

Di masa sekarang ini, penerjemahan ternyata telah menjadi salah satu sarana utama untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang budaya yang berbeda-beda dan selama beberapa tahun terakhir ini telah mendapatkan pengakuan luas di seluruh dunia. Akan tetapi, dengan melihat situasi saat ini, jasa penerjemahan dapat dikategorikan secara luas menjadi dua kategori, yaitu:

Penerjemahan Otomatis. Penerjemahan Otomatis adalah suatu proses dimana suatu pekerjaan penerjemahan dilakukan dengan bantuan perangkat lunak komputer. Poin terpenting dalam memahami penerjemahan otomatis adalah bahwa dengan menerapkan aturan tertentu, perangkat lunak tersebut awalnya menganalisa dan kemudian meneruskan struktur gramatikal teks sumber ke bahasa sasaran. Dikenal pula sebagai penerjemahan berbantuan mesin, penerjemahan otomatis adalah suatu proses dimana penerjemahan dihasilkan dengan bantuan teknologi muktahir, tanpa campur tangan manusia.

Kelebihan Penerjemahan Otomatis. Kelebihan utama penerjemahan otomatis dibandingkan dengan penerjemahan manual yaitu penerjemahan tersebut dilakukan oleh komputer dan oleh karenanya bekerja lebih cepat daripada manusia dan oleh karenanya menghemat waktu selagi menerjemahkan teks dalam jumlah besar. Terlebih lagi, penerjemahan otomatis lebih murah daripada penerjemahan manual. Selain itu, Anda juga dapat menerjemahkan setiap isi laman web dan permintaan mesin pencari melalui penggunaan sistem penerjemahan otomatis. Hal ini sangat efisien ketika kombinasi bahasanya termasuk kedalam rumpun bahasa yang sama, seperti Bahasa Indonesia dengan bahasa Malaysia, bahasa Spanyol dengan bahasa Italia, dll.

Kekurangan Penerjemahan Otomatis. Penerjemahan Otomatis didasarkan pada aturan sistematis sehingga terkadang tidak mampu memecahkan ketidakpastian. Penerjemahan Otomatis tidak selalu menghasilkan terjemahan bermutu sempurna, tapi sebagai sarana untuk memperoleh inti atau menghasilkan draf utama dari suatu penerjemahan, Penerjemahan Otomatis dapat menjadi sangat hemat dan bermanfaat. Poin terpenting untuk dipertimbangkan dalam penerjemahan berbantuan mesin adalah jika Anda menjalankan pekerjaan penerjemahan melalui sistem penerjemahan mesin dan membalik prosesnya supaya dapat menerjemahkan kembali teksnya kedalam bahasa sumber, hal ini dapat meningkatkan tingkat kesalahan dan akan membuat terjemahannya terlihat konyol, meskipun terkadang berguna untuk memperoleh intinya.

Penerjemahan Manual. Sebagaimana ditunjukkan oleh namanya, ini adalah proses penerjemahan dimana setiap pekerjaan penerjemahan dilakukan oleh penerjemah manusia. Dalam penerjemahan manual, tugas penerjemahan dilaksanakan oleh penerjemah dan editor yang cukup berpengalaman untuk melaksanakan pekerjaan penerjemahan dan mengubah teks sumber kedalam teks sasaran.

Kelebihan Penerjemahan Manual. Kelebihan paling penting dari penerjemahan manual adalah bahwa penerjemahan manual menjaga kerahasiaan teks. Dalam kebanyakan kasus masyarakat menggunakan jasa penerjemahan untuk menerjemahkan email pribadi atau dokumen hukumnya. Nah, dalam kasus penerjemahan berbantuan mesin, setiap file rusak atau terhapus dapat mengakibatkan hasil terjemahan yang keliru. Tidak seorang pun akan setuju untuk memberikan atau menyimpan korespondensi pribadinya di komputer manapun, oleh karenanya mempertahankan etika profesi ini, penerjemahan manual dapat menjadi lebih dipercaya. Meskipun kecepatan pemrosesan dalam penerjemahan mesin tinggi, tapi dengan penerjemahan manual kemungkinan perbaikan sintaksis atau kesalahan gramatikal lebih tinggi. Terkadang penerjemahan manual lebih cocok untuk pekerjaan tertentu. Misalnya, jika suatu konten yang harus diterjemahkan berisi pengulangan teks yang sama, maka hal itu harus dipertimbangkan secara khusus, dan dengan penerjemahan manual Anda dapat memperoleh hasil yang lebih baik.

Kekurangan Penerjemahan Manual. Biasanya setiap penerjemah profesional baik terspesialisasi dalam satu atau lebih bidang tertentu dan dapat melaksanakan pekerjaan penerjemahan di bidang spesialisasinya tapi dengan sistem penerjemahan berbantuan mesin, Anda dapat menerjemahkan setiap teks dan setiap bidang. Terpisah dari hal ini, jika Anda ingin menerjemahkan terminologi khusus, yang perlu Anda lakukan adalah menyalakan pengaturan yang sesuai. Akhir kata, dalam kasus seorang penerjemah profesional, jika ia menerjemahkan teks sumebr Anda, Anda harus membayar cukup uang untuk setiap halaman tapi seringkali kita hanya memerlukan inti dari konten tersebut. Dalam kasus ini, sistem penerjemahan berbantuan mesin lebih konsisten dan efektif bagi Anda.

Sepintas lalu, yang perlu Anda lakukan adalah memutuskan jenis penerjemahan apa yang Anda perlukan, tergantung kerumitan teks sumber dan waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil akhirnya.